5 Gunung Di Jawa Barat

Jawa Barat beribu kota di Bandung. Suku sunda adalah suku mayoritas yang ada di provinsi tersebut. Sampai saat ini provinsi yang satu ini masih jadi incaran buat anak-anak yang dari luar provinsi yang ingin melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi. Salah satu perguruan tinggi yang paling terkenal yang ada di provinsi ini adalah ITB.

Provinsi ini memiliki segudang cerita terkait sejarah-sejarah dalam Negara Indonesia dimasa lalu, bahkan hingga masuk di dalam pembahasan salah satu mata pelajaran disekolah-sekolah.

Keindahan alam yang diberikan oleh provinsi yang satu ini juga sebagai magnet yang kuat buat pecinta alam yang memiliki hobi untuk melakukan pendakian ke gunung-gunung yang ada di wilayah Jawa Barat.

Buat teman-teman yang ingin melakukan pendakian ke gunung-gunung yang ada diwilayah Jawa Barat, maka anda bisa menjadikan referensi gunung di bwah ini sebagai tujuan untuk menyalurkan hobi anda tersebut.

1. Gunung Ciremai



Gunung yang termasuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) ini memiliki ketinggian 3,078 meter diatas permukaan laut. Gunung ini tercatat sebagai gunung tertinggi yang ada di provinsi Jawa Barat yang terletak di wilayah Kuningan.

Jika anda ingin melakukan pendakian ke gunung ini, terdapat 3 Jalur yang bisa anda lewati yaitu dari majalengka, Palutungan dan Linggarjati. Jalur yang paling sering di lwati oleh para pendaki adalah jalur linggarjati. jalur ini memiliki sensasi tersendiri bagi para pendaki seperti pemandangan yang indah dan jalur-jalur yang terjal.

selain itu juga gunung ini memiliki 2 buah kawah dan sebuah Goa yang bernama Goa Walet yang menurut infonya terbentuk dari letuhan gunung pada jaman dahulu kala.


2. Gunung Pangarango



Gunung yang tercatat sebagai gunung tertinggi kedua di provinsi jawa barat ini memiliki ketinggian 3,019 meter diatas permukaan laut dan berada diwilayah Taman Nasional Gede Pangarango.

Jika anda ingin melakukan pendakian ke gunung ini, sebaiknya anda melakukan proses booking terlebih dahulu. karena pada gunung ini yang ingin melakukan pendakian diberlakukan sistem booking 3hari atau 1 bulan sebelum pendakian dilakukan. Selain itu juga jumlah pendaki yang diperboleh kan untuk melakukan pendakian digunung ini ikut dibatasi. Seperti 300 orang pendaki yang diperbolehkan jika melakukan pendakian dari Jalur Cibodas, 200 pendaki untuk yang melewati jalur Gunung Putri dan 100 pendaki jika melalui jalur Salabintana.

Itu smeuanya dilakukan adalah untuk meminimalisir kerusakan alam yang terjadi di wilayah gunung yang dilakukan sengaja maupun tidak oleh para pendaki.

Jalur yang dapat di gunakan jika anda ingin melakukan pendakian ke gunung pangarango adalah dengan melewati Jalur Cibodas atau jalur Gunung Putri-Bogor. Jlaur ini merupakan jalur yang paling sering digunakan oleh para pendaki dikarenakan jalur ini sudah ramai dengan penduduk-penduduk lokal yang ada di wilayah tersebut. Sehingga penginapan, jualan dan lain sebagainya sangat mudah di dapatkan untuk bekal selama perjalanan ke pucak gunung tersebut.

sedangkan untuk Jalur Salabintana jarnag digunakan para pendaki dikarenakan jalur ini terbilang lebih jauh, kondisi jalan yang berlumpur dan banyak lintah.


3. Gunung Gede



Memiliki ketinggian 2,958 meter diatas permukaan laut. Gunung ini terletak bersebelahan dengan Gunung Pangarango dan juga masih terletak dikawasan Taman Nasional Gede Pangarango. Baik Gunung Pangarango maupun Gede terletak di 3 Kabupaten yaitu Cianjur, Bogor dan Sukabumi.

Untuk jalur pendakian sama seperti pada Gunung Pangarango diatas karena letak kedua Gunung ini yang bersebelahan. Sehingga banyak sekali para pendaki yang sudah melakukan pendakian untuk kedua gunung tersebut. Karena memiliki jarak yang dekat.


4. Gunung Cikuray



Gunung Cikurai adalah Gunung yang terletak di Kabupatem Garut yang memiliki ketinggian 2,818 meter diatas permukaan laut. Letak nya juga bisa dikatakan tidak terlalu jauh dari pusat kota Garut. 

Jalur pendakian yang bisa ditempuh untuk menuju gunung ini adalah dengan melalui kota Garut. jalur yang bisaanda tempuh adalah dengan melewati Desa Loak lalu ke Desa Cisumur kemudian ke Desa Mekarsari hingga anda akan tiba di Stasiun Pemancar TV Garut yang merupakan titik awal pendakian ke GUnung Cikuray.

Sedangkan untuk jalur yang ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum adalah dengan melewati Kecamatan Cilawu kemudia turun ke wilayah Sukamulya atau Cigarungsang. Selanjutnya anda akan menemukan sebuah Pos milik Perkebunan. Untuk memasukinya anda diwajibkan untuk membayar biaya administrasi sebesar Rp 2 ribu rupiah per orang.

Memang Gunung Cikuray tidak terlalu jauh, namun biaya untuk melakukan pendakian ke Gunung ini terbilang mahal. Karena tidak terdapatnya angkutan umun yang memadai untuk sampai ke jalur pendakian gunung tersebut. Jika pun ada seperti diatas, tidak benar-benar sampai pada tujuan. Sehingga banyak para pondaki yang melakukanpenyewaan mobil pick up maupun ojek untuk bisa sampai ke wilayah tersebut.


5. Gunung Papandayan



Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung yang paling diminati oleh para pecinta alam. Gunung ini memiliki pesona alam yang sangat memukau. Ketinggian yang dimiliki gunung ini adalah 2,665 meter diatas permukaan laut. Salah satu point favorite pada gunung ini adalah terdapat sebuah kawah besar yang merupakan gabungan 4 buah kawah yang ada sebelum letusan yang terjadi di tahun 2002.

Gunung Papandayan adalah Gunung Api Strato yang terletak si Kabupaten Garut, tepatnya di Kecamatan Cisurupan.

Bagi anda yang ingin melakukan pendakian di gunung ini, anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar 3 ribu rupiah dan waktu proses pendakian untuk mencapai puncak gunung ini adalah sekitar 6 Jam perjalanan.

Belum ada Komentar untuk "5 Gunung Di Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan tengah artikel 1

Iklan tengah artikel 2

Iklan bawah artikel