5 Gunung Di Jawa Timur

Piye Kabare Arek-Arek Suroboyo.  Semoga Sehat selalu ya. Amin

Jawa Timur memiliki ibukota di Surabaya. Kota yang pernah masuk di dalam daftar salah satu kota terbersih di Dunia ini juga memiliki beberapa gunung yang bisa di jajal bagi kalian pecinta alam. Selain itu juga beberapa nama gunung yang ada dipropinsi ini juga di jadikan sebagai nama Kapal di salah satu Perusahaan Pelayaran nasional Indonesia (PELNI).

Bagi anda para pecinta alam, jika ingin melakukan kunjungan ke Propinsi ini dengan tujuan melakukan pendakian, dibawah ini adal 5 daftar gunung yang wajib anda jajal. Selain pemandangan yang sangat menakjubkan juga beberapa mitos yang ada yang menjadikan perjalanan pendakian anda semakin seru.

Adapun beberapa gunung yang ada di Provinsi Jawa Timur antara lain :

Gunung Arjuno – Welirang



Gunung yang terletak di Tmaan Hutan Raya Raden Suerjo ini memiliki ketinggian 3.339 meter diatas permukaan laut. Gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Gunung ini pernah meletus terakhir kali di tahun 1952 dan merupakan jenis Gunung Api.

Untuk melakukan pendakian ke Puncak Gunung ini bisa dengan melewati jalurLawang yang ada dikabupaten Malang atau juga melalui jalur Purwosari dan Tretes.

 

Gunung Bromo



Gunung yang paling sering di jadikan objek wisata sekaligus pembuatan film ini memiliki kontur tanah yang berpasir dan berdebu. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter diatas pemukaan laut ini berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Gunung ini terletak di Taman Nasinal Bromo Tengger Semeru ( BBTNBTS) dan merupakan gunung yang paling populer bagi para pendaki. Itu karena gunung ini lebih banyak dijadikan sebagai objek wisata bagi para pengunjung.

 

Gunung Semeru



Jika di sebut nama ini, saya teringat tahun 2002 saat pertama kuliah dan berteman dengan senior yang merupakan Mapala yang sangat mengidolakan Gunung yang satu ini. Hingga saat ini saya selalu ingat dengan area yang paling terkenal dari Gunung Semeru. Yaitu Tanjakan Cinta. Hahahaha….

Tanjakan Cinta

Konon katanya jika kita bisa mendaki tanjakan tersebut tanpa henti dan tanpa melihat kebelakang, maka apa yang kita niatkan untuk mendekati seorang cewek akan terlaksana. Memang itu hanya sebagai mitos, namun menjadi sensasi tersendiri saat melakukan pendakian ke Gunung tersebut.

Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru yang berada pada ketinggian 3.676 meter diatas permukaan laut.

Gunung ini memiliki 3 buah danau yang bernama Ranu Kumbolo, Ranu Pani dan Ranu Regulo. Selain itu juga di gunung ini tumbuh jenis tumbuhan yang mirip tumbuh di daratan amerika latin. Bunga yang berwarna keunguan yang mewarnai sabana Oro-oro Ombo. Namun bukan jenis bunga lavender. Tumbuhan ini bernama Verbena brasiliensis vell.

Yang jelas, indaaaaaaaahhhh banget ni gunung. Wajib bagi para pecinta alam yang ada di Indonesia untuk melakukan pendakian ke Gunung Semeru.

 

Gunung Ijen



Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 2.386 meter diatas permukaan laut dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999.

Pendakian gunung ini membutuhkan waktu sekitar 4 Jam. Sebelum anda mencapai kawah Ijen, terdapat pos terakhir yang digunakan untuk beristirahat yang bernama Pondok Bunder. Salah satu hal yang paling menarik perhatian yakni kawahnya yang dikenal sebagai kawah asam terbesar di dunia dengan kaldera setinggi 300-500 meter dan luas 5.466 hektar. 

Ada pula blue fire yang hanya ada 2 di dunia, dan satunya lagi di Islandia. Untuk dapat menikmati pesonanya, kamu harus tiba di puncak sekitar pukul 03.00 pagi. Namun pastikan anda untuk membawa masker karena bau belerang diarea tersebut yang sangat menyengat.

 

Gunung Kelud



Gunung yang namanya dijadikan salah satu nama kapal yang ada diIndonesia ini sudah tidak asing lagi ditelinga para pecinta alam.

Gunung yang memiliki ketinggian 1.731 meter diatas permukaan laut ini adalah sebuah gunung berapi, yang tergolong aktif. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, kira-kira 35 km sebelah timur pusat Kota Kediri dan 25 km sebelah utara pusat Kota Blitar.

Konon Gunung ini memiliki cerita rakyat Lembu Suro dan Dewi Kilisuci yang sebagian besar para pendaki sudah mengetahui dan mendengar cerita ini.

Belum ada Komentar untuk "5 Gunung Di Jawa Timur"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan tengah artikel 1

Iklan tengah artikel 2

Iklan bawah artikel