5 Gunung Di Jawa Tengah

Jawa Tengah memiliki Ibukota yang bernama Semarang. Semarang juga terkenal dengan sekolah perkapalan yang menjadi tujuan pelajar dari seluruh Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi lagi.

Selain itu juga buat pecinta alam, provinsi Jawa Tengah memiliki beberapa gunung yang ternama yang sering menjadi tujuan pendakian bagi pecinta alam baik dalam negeri maupun dari luar negeri. Gunung-gunung yang ada di provinsi ini memiliki banyak kontur mulai yang gampang didaki hingga dengan jalur yang membutuhkan usaha yang leibh besar. Selain itu juga ketinggian gunung di sini juga ada yang lebih dari 3.000 meter diatas permukaan laut.

Nah, bagi anda yang ingin melakukan pendakian gunung di Provinsi Jawa Tengah, dibawah ini ada beberapa list gunung yang cukup terkenal yang bisa anda lakukan pendakian.


Gunung Slamet



Gunung yang terletak di dalam 5 kabupaten ini memiliki ketinggian 3.328 meter diatas permukaan laut. 5 kabupaten tersebut antara lain, kabupaten Purbalingga, Banyumas, Pamalang, tegal dan Brebes juga merupakan gunung tertinggi yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Banyak jalur yang bisa di tempuh untuk menuju puncka Gunung Slamet, seperti jalur Bambangan yang ada di kabupaten Purbalingga merupakan jalur yang paling sering digunakan oleh para pendaki. Selain itu juga terdapat jalur lain seperti Guci dan Baturaden. Jalur di gunung ini terbilang sedikit rawan dikarenakan kondisi gunung ini masih aktif dan kontur nya berupa batu, pasir dan kerikil sehingga para pendaki harus sangat berhati-hati agar tidak tergelincir saat mendaki. Selain itu juga saat anda berada dipuncak gunung ini, maka anda akan melihat kawah gunung Slamet yang masih mengeluarkan asap.

 

Gunung Sumbing



Gunung yang memiliki 4 puncak yaitu Kawah, Buntu, Sejati dan Rajawali ini memiliki ketinggian 3.371 meter diatas permukaan laut. Gunung ini terletak di 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Magelang, Wonosobo dan Temanggung. Para pendaki sering melakukan pendakian dengan menggunakan jalur dari Dusun garung, Desa Butuh-Wonoobo.

Puncak tertinggi dari Gunung Sumbing ini berada pada Puncak Rajawali, sehingga ramai para pendaki yang melakukan pendakian menuju salah satu puncak dari 4 puncak yang ada di Gunung Sumbing. Selain itu juga, Gunung Sumbing adalah Gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet.

 

Gunung Lawu



Gunung yang memiliki ketinggian 3.265 meter diatas permukaan laut ini merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah. Selain sebagai tujuan bagi para pendaki dan pencinta alam, gunung lawu ini juga selalu dikunjungi oleh para penziarah dan beberapa orang yang melakukan ritual.

Puncak tertinggi Gunung Lawu dikenal dengan nama Hargo Dumilah. Untuk lokasi gunung ini sendiri terletak di 3 kabupaten yaitu Kabupaten Karang Anyar, Ngawi dan Magetan (Jawa Timur). Jalur pendakian sendiri bisa ditempuh dengan 3 jalur, yaitu dengan melalui Candi Cetho dan Cemara Kandang (Jawa Tengah) dan jalur Cemara Sewu (Jawa Timur).

 

Gunung Sindoro



Gunung yang terletak di 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Temanggung ini memiliki ketinggian 3.153 meter diatas permukaan laut. Gunung ini dikenal sebagai saudara kembar dari Gunung Sumbing dikarenakan letak nya berada di sisi barat laut Gunung Sumbing.

Keindahan alam yang diberikan oleh Gunung Sindoro ini menjadi daya tarik sendiri bagi para pendaki untuk menaklukkan puncak Sindoro ini. Jalur yang biasa ditempuh untuk melakukan pendakian ke Gunung ini adalah dengan melewati jalur Kleduk-Wonosobo. Selain itu juga bisa ditempuh dengan melewati jalur lain seperti Banaran dan Kebun Teh Tambi yang ada di Kabupaten Wonosobo atau di Bansari yang ada di Kabupaten Temanggung. Gunung ini terbilang gunung yang masih aktif sehingga jika anda berada pada puncak gunung ini, maka anda akan melihat dan merasakan kawah dan asap belerang yang ada dipuncak tersebut. Ada baiknya untuk membawa masker jika ingin melakukan pendakian ke Gunung Sindoro ini.

 

Gunung Merbabu


Gunung yang tercatat memiliki ketinggian 3.142 meter diatas permukaan laut ini merupakan Gunung tertinggi ke-5 di Provinsi Jawa Tengah. Gunung ini terletak di 3 kabupaten yaitu Kabupaten Semarang, Boyolali dan Magelang. Puncak tertinggi Gunung ini dikenal dengan nama Puncak Trianggulasi.

Bagi para pecinta alam, ada semboyan berupa tidak lengkap jika melakukan pendakian digunung ini tidak melewati 5 Jalur yang tersedia. Itu berarti banyak bagi para pendaki yang melakukan pendakian maupun turun dengan menggunakan 5 Jalur yang ada digunung ini. Secara resmi Gunung Merbabu terletak di Taman Nasional Gunung Merbabu.

Belum ada Komentar untuk "5 Gunung Di Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan tengah artikel 1

Iklan tengah artikel 2

Iklan bawah artikel