5 Gunung Di Kepulauan Bangka Belitung

Bangka Belitung beribukota di Pangkal Pinang merupakan salah satu provinsi yang memiliki kekayaan alam terbesar di Indonesia. Sebut saja Timah. Timah merupakan hasil tambang utama dari Kepulauan tersebut. Dahulunya kepulauan bangka ini masih menyatu dengan sumatra selatan dan beribukota di Palembang, namun sejak tahun 2002 Kepulauan Bangka Belitung menjadi provinsi sendiri.

Bagi pecinta alam pasti sudah tidak asing lagi dengan pulau yang satu ini, apatah lagi pulau ini terkenal dengan pantai Belitung nya yang sangat indah dan menyejukkkan mata. Bahkan buat teman-teman yang lain juga pasti sudah tidak asing dikarenakan pulau ini sudah di kenalkan melalui sebuah film "Laskar Pelangi".

Bangka Belitung merupakan 2 buah pulau. Yaitu pulau Bangka dan Pulau Belitung (biasanya di sebut Belitong). Pada dasarnya Kepulauan ini memiliki ratusan pulau kecil lainnya. Menurut data statistik tahun 2017 ada 470 pulau yang sudah memiliki nama di pulau tersebut dan hanya ada 50 Pulau yang sudah berpenghuni dengan Total jumlah penduduk 1,431 Juta Jiwa (2017).


Buat anda yang ingin mengetahui Gunung apa saja yang dimiliki di Provinsi ini, silahkan simak secara baik pada artikel ini.

Gunung Maras



Gunung yang memiliki ketinggian hanya 600 meter diatas permukaan laut ini merupakan gunung tertinggi ke Kepulauan Bnagka Belitung. Terletak di Kampung Hilir. Jika di tempuh melalui Kota Sungai Liat, maka akan menempuh jarak sekitar 70 Km untuk menuju ke Gunung Maras. Namun jika ingin lebih dekat, anada bisa menempuh jalur dari Belinyu dengan jarak sekitar 35 KM ke Gunung Maras.
Tepat di kaki Gunung Maras ini memiliki air terjun kecil yang bisa anda nikmati jika ingin bersantai sejenak.
Proses pendakian untuk menuju puncak Gunung Maras ini memakan waktu sekitar 4 Jam, selama perjalanan anda akan menikmati indahnya pemandangan. Namun perlu juga diwaspadai bahwa Gunung Maras ini memiliki banyak jurang yang dalam dan rute nya juga terjal.


Gunung Mangkol



Gunung yang berada di Kabupaten Bangka Tengah ini memiliki luas 6.009,51 hektar dengan ketinggian 395 meter diatas permukaan laut. Di beberapa lokasi pada gunung ini pada dasarnya sudah dijadikan perkebunan oleh warga sekitar sehingga kita dengan mudah untuk mencapai puncaknya.
Kawasan gunung ini terdiri dari beberapa bukit-bukit seperti bukit Pau, bukit Tengkorak, bukit Kelambu, bukit Anyir, bukit Berambai, bukit Gadong, bukit Tanyas dan bukit Mata Ayam.


Gunung Tajam



Gunung yang memiliki ketinggian 510 meter diatas permukaan laut ini merupakan kategori gunung non-vulkanik yang memiliki bentuk seperti segitiga yang tajam jika dilihat dari kejauhan.
Banyak juga para wisatawan melakukan perjalanan ke Gunung Tajam dengan tujuan ziarah ke makam Syekh Abdullah Abubakar yang merupakah tokoh di Kepulauan Bangka Belitung dalam hal penyebaran agama Islam.
Hal menarik lainnya adlaah, gunung tajam ini sebenarnya dibagi menjadi 2 bagian yaitu Gunung Tajam Laki dan Gunung Tajam Bini.


Gunung Pading



Tepatnya di Desa Tepus, kecamatan Air Gegas-Bangka Selatan memiliki sebuah gunung yang bernama Gunung Pading. Gunung ini memiliki ketinggian hanya 300 meter diatas permukaan laut dan merupakan object wisata bagi para wisatawan untuk menikmati air terjun yang ada di kawasan Gunung ini.


Gunung Menumbing



Gunung Menumbing memiliki ketinggian 445 meter diatas permukaan laut dan terletak di Kahura atau kawasan hutan raya Kota Muntok, kabupaten bangka barat. Tepat nya di puncak Gunung Menumbing terdapat tempat pengasingna para pemimpin bangsa indonesia pada zaman agresi belanda kedua 1948-1949.
Pos 1 adalah pintu masuk untuk menuju gunung tersebut.
Pemandangan dan udara yang segar menjadikan suasana pendakian gunung ini sangat menyenangkan. Selain itu, Gunung Menumbing sudha ditetapkan sebagai Cagar Budaya Nasional sejak tahun 2015 oleh Pemerintah.

Belum ada Komentar untuk "5 Gunung Di Kepulauan Bangka Belitung"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan tengah artikel 1

Iklan tengah artikel 2

Iklan bawah artikel