5 Gunung Di Banten

Banten adalah provinsi yang paling dekat dengan pulau sumatra. Sejak pemekaran wilayah terjadi terhadap provinsi-provinsi di seluruh indonesia, kini Provinsi Banten memiliki Ibukota Serang. Provinsi ini dikenal memiliki banyak industri yang tersebar disepanjang pinggir pantai laut banten. Selain itu juga pantai merupakan destinasi tujuan utama bagi seluruh wisatawan. Siapa yang tidak mengenal pantai Anyer yang terletak di Provinsi ini.

Namun bagi para pecinta alam, tak hanya pantai yang dapat anda temukan di provinsi Banten. Bagi yang senang melakukan pendakian dan pertualangan anda juga bisa menemukan berbagai macam gunung yang ada di provinsi Banten tersebut. Banyak para pendaki dari tanah sumatra yang melakukan pendakian berawal dari provinsi yang satu ini. Selain dekat juga panorama yang disajikan oleh tiap-tiap gunung di Banten memberikan kesan dan pengalaman tersendiri bagi para pendaki.


Adapun nama-nama Gunung yang ada di Provinsi Banten yang dapat anda lakukan pendakian adalah sebagai berikut:

Gunung Karang



Gunung yang terkenal sebagai tempat wisata ritual ini memiliki ketinggian 1,778 meter diatas permukaan laut. Status gunung ini masih aktif dan memiliki 3 jenis object wisata lainnya juga di kawasan gunung ini seperti Pemandian air panas Cisolong, Kolam renang Cikoromov dan Sumur Tujuh.

Sepanjang perjalanan anda akan di suguhkan dengan udara dan pemandangan yang sangat menyejukkan mata sehingga kebanyakan para pendaki selalu berulang kali melakukan pendakian ke gunung tersebut.



Gunung Pulosari



Hanya dengan memakan waktu 1.5-2 jam anda akan mencapai puncak gunung Pulosari yang memiliki ketinggian 1,346 meter diatas pemukaan laut. Selain status dari gunung ini yang aktif, Gunung ini juga dianggap sebagai Gunung keramat oleh warga sekitar sehingga kelestarian dari kawasan sekitar gunung tersebut sangat dijaga.

Jalur pendakian dari gunung ini cukup curam, namun demikian cocok untuk para pendaki pemula dalam mencoba trek-trek yang curam sebelum melakukan pendakian kegunung-gunung lainnya.



Gunung Aseupan


Tepat disebelah gunung Pulosari terdapat Gunung Aseupan yang memiliki ketinggian 1,114 meter diatas permukaan laut. Gunung Aseupan bisa dibilang jarang terekspose, sehingga jarang dilakukan pendakian oleh pecinta alam pada gunung ini. Gunung Aseupan juga dikenal berada di daerah Tahura atau Taman Hutan Raya yang terletak di Provinsi Banten.



Gunung Honje



Gunung yang memiliki ketinggian hanya 620 meter diatas permukaan laut ini berada di wilayah Taman Nasional Ujung Kulon sehingga anda bisa menemukan suasana dan pemandangan satwa-satwa langka yang masih dilindungi di kawasan Gunung Honje ini.

Selain itu para wisatawan juga kerap melakukan wisata ke kawasan Gunung Honje ini seperti ke Sumber air panas Cibiuk, Curuk Panis, Curuk Cikacang dan Sungai Cigenter.



Gunung Halimun


Sebagai gunung tertinggi di Provinsi Banten yang berada pada 1,925 meter diatas permukaan laut ini terletak di dua Provinsi yaitu Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten. Hampir sebagian besar orang mengetahui bahwa Gunung Halimun (
yang berarti Kabut dalam bahasa sunda) adalah gunung yang terletak di Jawa Barat, Namun pada dasarnya Gunung Halimun tercatat berada di wilayah Provinsi Banten.

Gunung ini juga termasuk didalam wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Sedangkan disebelah gunung ini terdapat Gunung Salak yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Jabar.

Belum ada Komentar untuk "5 Gunung Di Banten"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan tengah artikel 1

Iklan tengah artikel 2

Iklan bawah artikel